Kamis, 21 Juni 2012

manageman pemasaran internasional


Jawab lah pertanyaan untuk mata kuliah:
1. Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen pemasaran Internasional? berikan contoh!
2. Jelaskan alasan perusaha an harus menjalankan manajemen pemasaran Internasional! berikan contoh!
3. Sebutkan jenis perusahaan yang harus menjalankan manajemen pemasaran internasional
4. Apakah perbedaan antara manajemen pemasaran dalam negeri dengan manajemen pemasaran di luar negeri?
5. Kapan perusahaan harus menjalankan manajemen pemasaran Internasional?

jawaban:

1.      Manajemen pemasaran internasional adalah  pelaksanaan aktivitas-aktivitas bisnis  yang mengarahkan  arus barang dan jasa kepada konsumen atau pemakai  lebih dari satu Negara  untuk mendapatkan keuntungan.
     Contoh:  perusahaan sepatu Edward Forrer yang asli Indonesia yang sudah go international yang kini Edward Forrer mempunyai outlet di Australia, Malaysia dan Hawaii.
2.      Alasan perusahaan harus menjalankan manajeman pemasaran internasional yaitu:
·         Untuk Memperluas pemasaran atau penjualan
Karna bias saja suatu perusahhan tersebut sudah bisa mencapai pasar yang ada di negaranya sehingga perusahaan ingin bias memasuki pasar lain yaitu yang berbeda Negara.
·         Ekonomi
Agar perusahaan bias lebih dalam memperoleh laba yang di hasilkan dan bias Meningkatkan pendapatan Negara.
·         Memenuhi kebutuhan barang dan jasa yang tidak dapat atau belum mampu diproduksi di dalam suatu Negara
·         Menyebarluaskan barang dan jasa dari suatu Negara ke Negara lain.   
.    Kesempatan untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat jika pemasaran dilakukan ke luar  negeri.

3.      jenis perusahaan yang harus menjalankan  mpi
·         Perusahaan Multinasional (MNC)
·         Perusahaan Global
·         Perusahaan jasa
·         Eksportir
·         Importir

       4.    perbedaan meanjemen pemasaran dalam negeri dan luar negeri

Pemasaran luar negeri adalah pemasaran yang memfokuskan pada pemanfaatan asset, pengalaman produk perusahaan secara global serta melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar di anggap unik dan benar-benar berbeda di setiap negara.

Pemasaran dalam negeri adalah pemasaran yang secara nyata memfokuskan orientasi dan strategi nya  kepada pasar dalam negeri, pemasaran ini memfokuskan pada pasar domestic untuk menghindari tantangan belajar cara memasarkan ke luar negeri.
Pemasaran domestic adalah suatu penerapan konsep,prinsip,aktivitas,dan proses manajeman pemasaran dalam rangka penyaluran ide barang atau jasa perusahaan kepada konsumen lingkungan setempat .

Jadi perbedaan dari pemasaran dalam dan luar negeri yaitu dari tujuan produk atau jasa yang di pasarkan, Pada pasar luar negeri produk di anjurkan untuk banyak Negara sedangkan pada pasar dalam negeri produk dianjurkan pada pasar local dengan lingkup pasar yang lebih kecil.
Yang membedakan dengan pemasaran  domestic adalah pemasaran menghadapi lingkungan yang asing dengan politik ,budaya,persaingan dan konsumen setempat yang berbeda dengan tempat tinggal pemasaran yang bersangkutan.pemasaran internasional (international market) seringkali di kaburkan dengan pemasaran asing (foraigen marketing) yang berarti kegiatan pemasaran di lingkungan yang berbeda dengan lingkungan aslinya.
       
       5.    perusahaan harus menjalankan manajemen pemasaran iternasional
Ketika perusahaan tersebut sudah dapat menentukan STP (segmenting,targeting,positioning) dari perusahaan.
Segmenting adalah proses mengelompokkan pasar bedasarkan kategori-kategori tertentu. Segmenting dilakukan berdasarkan geografi, demografi, psychographic, behavior

Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani.

Positioning adalah bagaimana perusahaan memperkuat citra /merek di dalam benak konsumen.
tujuan positioning yang bisa dipilih oleh perusahaan , yaitu memperkuat dan memperluas posisi perusahaan yang sekarang, membuat posisi baru yang belum dibuat oleh perusahaan lain, melakukan reposisi dalam persaingan, dan menciptakan eksklusifitas.

Setelah memnentukan STP baru perusahaan menentukan marketing mix (4P) yaitu

Ø  prodact
-variety
-size
-featur
-design
-quality
-brand name
-warranty
-return
-packaging
-Service

Ø  price
-price list
-discount
-allowance
-credit term
-pyment periode

Ø  place
-coverage
-transportation
-inventory
-asortment
-distribution channel
-location

Ø  promotion
-advertising
-sales promotion
-Personal salling
-public relation
-direct marketing







Tidak ada komentar:

Posting Komentar