Jawab lah pertanyaan untuk mata
kuliah:
1. Jelaskan yang dimaksud dengan
manajemen pemasaran Internasional? berikan contoh!
2. Jelaskan alasan perusaha an harus
menjalankan manajemen pemasaran Internasional! berikan contoh!
3. Sebutkan jenis perusahaan yang
harus menjalankan manajemen pemasaran internasional
4. Apakah perbedaan antara manajemen
pemasaran dalam negeri dengan manajemen pemasaran di luar negeri?
5. Kapan perusahaan harus
menjalankan manajemen pemasaran Internasional?
jawaban:
1. Manajemen pemasaran internasional
adalah pelaksanaan aktivitas-aktivitas
bisnis yang mengarahkan arus barang dan jasa kepada konsumen atau
pemakai lebih dari satu Negara untuk mendapatkan keuntungan.
Contoh: perusahaan sepatu Edward Forrer yang asli Indonesia yang sudah go international yang kini Edward Forrer mempunyai outlet di Australia, Malaysia dan Hawaii.
Contoh: perusahaan sepatu Edward Forrer yang asli Indonesia yang sudah go international yang kini Edward Forrer mempunyai outlet di Australia, Malaysia dan Hawaii.
2. Alasan
perusahaan harus menjalankan manajeman pemasaran internasional yaitu:
·
Untuk
Memperluas pemasaran atau penjualan
Karna bias saja suatu perusahhan
tersebut sudah bisa mencapai pasar yang ada di negaranya sehingga perusahaan
ingin bias memasuki pasar lain yaitu yang berbeda Negara.
·
Ekonomi
Agar perusahaan bias lebih dalam memperoleh laba yang di hasilkan
dan bias Meningkatkan pendapatan Negara.
·
Memenuhi kebutuhan barang dan jasa
yang tidak dapat atau belum mampu diproduksi di dalam suatu Negara
·
Menyebarluaskan barang dan jasa dari
suatu Negara ke Negara lain.
. Kesempatan untuk tumbuh dan
berkembang lebih cepat jika pemasaran dilakukan ke luar negeri.
3.
jenis perusahaan yang harus
menjalankan mpi
·
Perusahaan Multinasional (MNC)
·
Perusahaan Global
·
Perusahaan jasa
·
Eksportir
·
Importir
4.
perbedaan meanjemen pemasaran dalam
negeri dan luar negeri
Pemasaran luar negeri adalah pemasaran yang memfokuskan pada
pemanfaatan asset, pengalaman produk perusahaan secara global serta melakukan
penyesuaian pada apa yang benar-benar di anggap unik dan benar-benar berbeda di
setiap negara.
Pemasaran dalam negeri adalah pemasaran yang secara nyata
memfokuskan orientasi dan strategi nya kepada pasar dalam negeri, pemasaran ini
memfokuskan pada pasar domestic untuk menghindari tantangan belajar cara
memasarkan ke luar negeri.
Pemasaran domestic adalah suatu penerapan
konsep,prinsip,aktivitas,dan proses manajeman pemasaran dalam rangka penyaluran
ide barang atau jasa perusahaan kepada konsumen lingkungan setempat .
Jadi perbedaan dari pemasaran dalam dan luar negeri yaitu
dari tujuan produk atau jasa yang di pasarkan, Pada pasar luar negeri produk di
anjurkan untuk banyak Negara sedangkan pada pasar dalam negeri produk dianjurkan
pada pasar local dengan lingkup pasar yang lebih kecil.
Yang membedakan dengan pemasaran domestic adalah pemasaran menghadapi
lingkungan yang asing dengan politik ,budaya,persaingan dan konsumen setempat
yang berbeda dengan tempat tinggal pemasaran yang bersangkutan.pemasaran
internasional (international market) seringkali di kaburkan dengan pemasaran
asing (foraigen marketing) yang berarti kegiatan pemasaran di lingkungan yang
berbeda dengan lingkungan aslinya.
5. perusahaan harus menjalankan
manajemen pemasaran iternasional
Ketika
perusahaan tersebut sudah dapat menentukan STP
(segmenting,targeting,positioning) dari perusahaan.
Segmenting adalah proses mengelompokkan pasar bedasarkan
kategori-kategori tertentu. Segmenting dilakukan berdasarkan geografi, demografi,
psychographic, behavior
Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik
segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani.
Positioning adalah bagaimana perusahaan memperkuat citra /merek
di dalam benak konsumen.
tujuan positioning yang bisa dipilih oleh perusahaan , yaitu
memperkuat dan memperluas posisi perusahaan yang sekarang, membuat posisi baru
yang belum dibuat oleh perusahaan lain, melakukan reposisi dalam persaingan,
dan menciptakan eksklusifitas.
Setelah memnentukan STP baru perusahaan menentukan marketing mix (4P)
yaitu
Ø
prodact
-variety
-variety
-size
-featur
-design
-quality
-brand name
-warranty
-return
-packaging
-Service
Ø
price
-price list
-discount
-allowance
-credit term
-pyment periode
Ø
place
-coverage
-transportation
-inventory
-asortment
-distribution channel
-location
Ø
promotion
-advertising
-sales promotion
-Personal salling
-public relation
-direct marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar